Sabtu, 15 Agustus 2009

Bepergian yang Berpahala

Bepergian? Kadang memang diperlukan bafi kita. Ada bepergian yang diperbolehkan dan bahkan dianjurkan, seperti bepergian untuk menjenguk keluarga, menyambung silaturrahmi, atau untuk menuntut ilmu, dan sebagainya. Sebaliknya ada juga bepergian yang tercela, yaitu bepergian dalam rangka bermaksiat kepada Allah SWT.
Nah, dalam bepergian itu kita bisa mendapatkan pahala dengan cara mengikuti adap yang dianjurkan oleh Rasulluhah SAW, diantaranya sebagai berikut:
1. Hendaknya sebelum bepergian berpamitan kepada anggota keluarganya, sebagaimana hal ini biasa dilakukakan oleh Rasulluhah SAW.
2. Hendaknya mengambil teman perjalanan yang baik untuk membantu meringankan beban dalam bepergian.
3. Sebaiknya berangkat pada pagi hari atau senja hari.
4. Berdoa ketika naik kendaraan.
5. Disunatkan membaca takbir “Allahuakbar” apabila jalanan menanjak, dan bertasbihlah “Subhanallah” apabila jalanan menurun.
6. Dianjrkan memperbanyak doa karena doa orang bepergian mudah terkabul.
7. Hendaknya segera kembali setelah keperlua selesai.
8. Dianjurkan bagi orang yang bepergian jauh, di saat pulang ke kampong halamannya terlebih dahulu menuju masjid dan salat sunat dua rekaat.
Demikian sebagian dari adap bepergan ddari petunjuk Rasulullah SAW. Kita berharap agar dalam bepergianpun kita mendapat pahala dengan mengikuti sunah Rasulullah. Sungguh Maha Pemurah Allah mengganjar pahala bagi umat islam dalam setiap amal kebaikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar